Jadi sebelum trip ke Jepang kemarin, aku memutuskan untuk booking akomodasi alias hotel di agoda.com, *bukan sponsor ya*. Tapi emang service agoda menurut ku cukup bagus, terutama dalam menangani masalah per-booking-an. Wkwkwk aneh ya bahasanya. Oke langsung aja ke cerita aku booking hotelnya.
Setelah siang harinya aku dapet kabar kalau visa jepang aku approve. ehehe. Malem harinya langsung berencana buat booking hotel. Sempet cari cari hotel di beberapa OTA (Online Travel Agent), dan akhirnya aku melabuhkan pilihanku kepada agoda.com karena kebetulan juga punya kode promo yang bisa di pakai di sana yang sebetulnya ga gede gede amat juga diskonnya tapi lumayan bisa buat beli permen chupa chups satu box :).
Masalah di mulai. Karena penasaran dengan apakah kode promo yang aku punya bisa dipakai apa ngga, akhirnya aku coba booking hotel random ya asal booking gitu aja dan ga niat untuk bayar karena cuma mau lihat apakah kode promo nya bisa apa ngga dan seberapa besar potongannya. Setelah klik book hotel yang random tadi dan masukin kode promo nya, ternyata kodenya bener bisa dipakai dan di total harga nya juga kepotong. Seneng dong. Dan bookingan itu ngga aku lanjutin ke pembayaran. Nahhh setelah itu, aku mau booking hotel beneran sesuai dengan wishlist aku karena beberapa hari sebelumnya udah nyari hotel yang sesuai budget dan cocok lokasinya trus aku masukin wishlist. Setelah klik book, masukin contact info, masukin kode promo, trus lanjut ke pembayaran, pembayaran ku pakai debit visa, dan setelah aku bayar. Astaga naga, kaget gila, kok saldo rekeningku kepotong hampir 3x lipat dari harga hotel yang aku booking, dan ternyataaaa pas aku cek di "My Bookings" agoda, hotel yang kebooking bukan hotel yang aku mau beneran booking tadi, tapi malah hotel random yang aku buat coba coba itu yang malah ke bayar. Mampus. Udah mahal, lokasinya jauh banget sama rencana, dan ada keterangan tidak bisa di refund :).
Aku ngga ngerti itu masalah dimananya, tapi menurutku itu masalah di "session" booking web mereka, jadi pas aku masuk ke menu pembayaran, session yang kepakai adalah session dimana aku booking hotel random itu. Otomatis yang kebayar dan kebooking adalah hotel random yang aku buat coba coba :). Saat itu juga aku langsung ngehubungin customer service mereka dan cerita apa yang barusan aku alaminpake nada melas. Entah mereka memang sudah sering dapet case seperti ini atau emang mereka orang nya santuyy, prosedurnya jelas, dan mereka ngejelasinnya juga enak. Nah masalahnya kan hotel yang bisa dibilang aku accidentally book alias booking ga sengaja ini tertulis non-refundable alias tidak bisa di refund, terus solusinya?. Ternyata mereka kasih solusi bisa refund tapi pengembalian dananya ngga berupa duit, tapi berupa Agoda Cash, semacam saldo Agoda yang bisa dipakai untuk booking hotelnya. Yaa meskipun jadinya Agoda Cash, setidaknya bisa balik sesuai yang udah aku bayar, tanpa ada potongan apapun, toh aku juga tetep bisa pakai buat booking hotel lagi. ehehe.
Yaa itu aja sih yang mau aku sharing, wkwk, jadi kalau accidentally book, atau ga sengaja ngebooking hotel, coba langsung contact cs mereka by phone, terus jelasin kejadian sebenernya, sambil melas juga boleh, gausah lebay, gausah ngegas :).
Setelah siang harinya aku dapet kabar kalau visa jepang aku approve. ehehe. Malem harinya langsung berencana buat booking hotel. Sempet cari cari hotel di beberapa OTA (Online Travel Agent), dan akhirnya aku melabuhkan pilihanku kepada agoda.com karena kebetulan juga punya kode promo yang bisa di pakai di sana yang sebetulnya ga gede gede amat juga diskonnya tapi lumayan bisa buat beli permen chupa chups satu box :).
Masalah di mulai. Karena penasaran dengan apakah kode promo yang aku punya bisa dipakai apa ngga, akhirnya aku coba booking hotel random ya asal booking gitu aja dan ga niat untuk bayar karena cuma mau lihat apakah kode promo nya bisa apa ngga dan seberapa besar potongannya. Setelah klik book hotel yang random tadi dan masukin kode promo nya, ternyata kodenya bener bisa dipakai dan di total harga nya juga kepotong. Seneng dong. Dan bookingan itu ngga aku lanjutin ke pembayaran. Nahhh setelah itu, aku mau booking hotel beneran sesuai dengan wishlist aku karena beberapa hari sebelumnya udah nyari hotel yang sesuai budget dan cocok lokasinya trus aku masukin wishlist. Setelah klik book, masukin contact info, masukin kode promo, trus lanjut ke pembayaran, pembayaran ku pakai debit visa, dan setelah aku bayar. Astaga naga, kaget gila, kok saldo rekeningku kepotong hampir 3x lipat dari harga hotel yang aku booking, dan ternyataaaa pas aku cek di "My Bookings" agoda, hotel yang kebooking bukan hotel yang aku mau beneran booking tadi, tapi malah hotel random yang aku buat coba coba itu yang malah ke bayar. Mampus. Udah mahal, lokasinya jauh banget sama rencana, dan ada keterangan tidak bisa di refund :).
Aku ngga ngerti itu masalah dimananya, tapi menurutku itu masalah di "session" booking web mereka, jadi pas aku masuk ke menu pembayaran, session yang kepakai adalah session dimana aku booking hotel random itu. Otomatis yang kebayar dan kebooking adalah hotel random yang aku buat coba coba :). Saat itu juga aku langsung ngehubungin customer service mereka dan cerita apa yang barusan aku alamin
Setelah telpon cs nya, langsung diurusin proses refund nya, dan dapet konfirmasi gini |
Jadi nya agoda cash gini |
Yaa itu aja sih yang mau aku sharing, wkwk, jadi kalau accidentally book, atau ga sengaja ngebooking hotel, coba langsung contact cs mereka by phone, terus jelasin kejadian sebenernya, sambil melas juga boleh, gausah lebay, gausah ngegas :).
Do good, be kind, stay positive.
pengalaman saya sangat tidak baik sama sekali.pada tgl 30 okt2020.saya pesan kamar via ogoda dan sudah melakukan transaksi via bank.ke ungu koshotel flyover kircon bdg.tpi stlah saya datang kesana tidak ada yg melanai sama sekali hingga menunggu 2 jam.daya cba hub via tlp yg tercantum di area tsb tapi tidak ada tanggapan sama sekali.saya kesal.saya pmemutuskan ut mencari lagi penginapan.dan daya coba untuk membatalkannya tapi tidak ada data untuk bisa membatalkannya.sangat kevewa sekali hingga saya cari call centre ogoda tpi ttp tidak bisa t3rhubgngi.sampai saat ini saya sangat kesulitan untuk mengadukan hal tsb.tidak ada tanggapan sama sekali.trimakasih.inilah pengalaman saya.bukan karna masalah uangnya namun caranya yg sangat tidak baik.tidak ada konfirmasi sama sekali.
ReplyDeleteKa kasih tau dong cara tlpon cs nya soalnya pesanan saya di batalakan sepihak saya pgn uang kembali
ReplyDelete